Tuesday, February 01, 2005

RE- BORN ( Memperbaharui Taubat)

Hosted by Photobucket.com


"Tidak ada seorang pun yg meninggalkan
suatu keburukan yg ia rasakan nikmat, hanya karena 4JJ1, kecuali pasti ia akan
menemukan gantinya dari 4JJ1".

Rabi' bin Hutsaim, seorang tabi'in yg terkenal dengan sikapnya dalam mensucikan jiwa mengatakan,"Seandainya manusia itu tahu tentang aibnya sendiri niscaya tidak ada orang yg mau mencela aib orang lain". Suatu ketika, ia pernah ditanya seorang sahabatnya, " Wahai Abu Yazid -pangilan rabi'- mengapa engakau tidak pernah mencela orang lain? Ia menjawab, " demi 4JJ1, jiwa ku saja belum tentu dirhidoi 4JJ1, lalu untuk apa aku mencela orang lain" Sesunguhnya banyak manusia yg takut kepada 4JJ1 setelah melihat dosa2x yg dilakukan orang lain. Tetapi sayangnya mereka tidak merasa hal itu saat melihat dosa2x yg dilakukannya sendiri.

Sahabatku,
Siapa diantar kita yg kuat menahan malu, andai kita tahu daftar kesalahan, kedurhakaan, kemaksiatan, pelanggaran yg telah kita lakukan? Siapa diantar kita yg mampu menahan rasa hina tiada tara, jika kita mengetahui catatan prilaku buruk yg sudah kita lakukan? Hidup yg kita lalui ini terlalu singkat. Tapi siapa yg kuat menahan penyesalan akibat keburukan dan dosa yg kerap kita lakukan berulang- ulang"

Sahabatku,
Mari perbaharui taubat. Mari perbanyak istigfar dan mohon pada
4JJ1 swt. Rasulullah mengambarkan, sebuah dosa seperti noda hitam didalam hati. Kian banyak noda hitam dalam hati, maka hati bisa menjadi hitam legam , kelam. Sinarnya bukan hanya redup, tapi gelap. Cahaya tertutup oleh titik2x noda yg menjadinya tidak mampu lagi memandang dan menimbang kebenaran. Bila seseorang melepaskan diri dari dosa, beristigfarlah dan bertaubat, hatinya akan cemerlang seperti semula. Tapi bila ia mengulangi perbuatan dosa maka noda hitam itu akan bertambah hingga meliputi hatinya. Hasan al bashri menyebutkan bahwa ketaatan identik dengan cahaya batin dan kekuatan fisik." Kebaikan itu memberi cahaya dalam hati, melahirkan kekuatan bagi tubuh. Sementara keburukan akan mengelapkan hati, melemahkan tubuh, serta mempengaruhi rizki,’ ujar Hasan al Bashri. Ia kemudian mengutip sebuah sabda rasulullah sawa, "Seorang dihalangi rizkinya karena dosa yg ia lakukan"( Hr.Ibnu Majah)

Saudaraku,
Semoga
4JJ1 merahmati hamba yg berkata pada jiwanya, " Bukankah kamu telah melakukan ini? Bukankah kamu telah melakukan itu?" Lalu ia mengikat jiwanya bahkan memukulnya, dan setelah itu ia mengurung jiwanya untuk selalu taat sesuai perintah 4JJ1 sampai ia menjadi komando bagi jiwanya dan bukan sebaliknya dikomadoi oleh nafsunya.

Tengadahkan tangan saudaraku, kita sama- sama berdoa: " Ya 4JJ1 jadikan kondisi batinku lebih baik dari pada kondisi lahirku.... Ya 4JJ1 aku berlindung padaMu dari menganggap diriku besar, tapi Engkau menganggapku kecil.... Ya 4JJ1 aku berlindung dengan ridhoMu darikemarahanMu .... aku berlindung dengan maaf Mu dari azabMu ".